12/12/11

Cerita Sahabat | Kesedihan Sahabat

Sahabat Kesedihan


Puisi Sahabat, Puisi Cinta, Puisi Sedih, Kesedihan, Puisi Luka
Di beberapa bagian dunia, adamasyarakat yang menyebut kesedihan sebagai akibat dari perbuatan buruksebelumnya atau di masa lalu. Ada masyarakat lain yang menyimpulkannya sebagaihukuman. Sehingga kesedihan muncul dengan wajah yang menakutkan dan menyedihkan.
Dan larilah manusia jauh-jauhdari sahabat kehidupan yang bernama kesedihan. Semakin jauh manusia lari darikesedihan, semakin cepat sahabat kesedihan mengejarnya dari belakang.

Disebut sahabat, karena kesedihantidak selamanya seperti musuh yang senantiasa membawa batu, palu dan pisauuntuk menyakiti. Dalam sinar-sinar kejernihan, kesedihan bisa membawabunga-bunga kebijaksanaan, kedewasaan, kearifan dan kematangan. Meminjam bahasaKahlil Gibran dalam The Prophet, ketika kita bercengkerama dengan kebahagiaandi kamar tamu, kesedihan sedang menunggu di tempat tidur. Tidak bisa kita lariterlalu lama dari sahabat serumah. Dan bukankah ini sejenis kedewasaan, !kearifan dan kematangan yang ditunjukkan wajahnya oleh sinar-sinar kesedihan ?
Dalam bentuknya yang lebih indahlagi, kesedihan bisa juga menjadi lilin terang yang menerangi beberapa wilayahgelap yang selama ini tidak terlihat. Kematian orang-orang tercinta, sebagaicontoh, awalnya memang menghadirkan air mata, tetapi belakangan jadi tahu kalauorang-orang yang sudah tiada memiliki peran-peran yang jauh lebih besar dariyang pernah terbayangkan. Dimusuhi teman, sebagai contoh lain, membukakancakrawala bagi saya, kalau ada orang yang tersinggung kalau penawarannyaditawar. Sahabat yang tersinggung juga demikian, ia membimbing kita untuk tahusumber-sumber ketersinggungan orang lain.
Ada lagi keindahan lebih tinggi yang dihadirkan kesedihan. Hanya dengankesedihanlah wajah kebahagiaan muncul lebih indah kemudian. Bahkan, kebahagiaanyang biasa-biasapun bisa berwajah indah ketika manusia baru saja melewatikesedihan. Sebutlah nasi putih sama sayur asem saja, ia terasa enak sekali bagiperut yang baru melewati rasa sedih akibat kelaparan. Sebagai bukti lain,orang-orang yang pernah bersedih, menikmati kebahagiaannya dengan kualitas rasasyukur yang jauh lebih baik.
Di puncak dari semua itu, kesedihan membawa manusia pada kualitas kehidupantinggi yang bernama kesabaran. Dan dengan kesabaran, bukankah manusia bisa
menyeberangi lautan kehidupan yang paling dahsyat sekalipun ? Gelombangpasang perceraian, perkelahian di pinggir jalan, peperangan antarsuku danantarnegara, perpecahan kepemilikan perusahaan hanyalah sebagian contohsamudera kehidupan yang bergejolak, namun bisa diseberangi dengan perahukesabaran.
Berkaca dari semua ini, tubuh manusia memang manja sekali. Buktinya selalumenolak datangnya kesedihan. Namun, suara-suara kejernihan bertutur lain,kesedihan juga ladang-ladang luas keindahan. Kesedihan tidak saja membawaclurit menakutkan, tetapi juga membimbing ke rangkaian kualitas yang tidak bisadilakukan oleh kebahagiaan yang paling tinggi sekalipun.
Buku Deepak Chopra yang berjudul The Deeper Wound, dan di salah satu bagiancovernya berisi tulisan sederhana : true self contains the light that nodarkness can enter.
Diri ini yang sebenarnya berisi sinar yang tidak bisa dikalahkan kegelapanmanapun. Dan kesedihan, sebagaimana proses kontemplasi di atas, adalah salahsatu kekuatan yang bisa membuat sinar tadi mulai bercahaya secara perlahan.
Sudahkah Anda menemukan cahayatadi melalui perahu kesedihan ?

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN BERKOMENTAR
Komentar anda Sangat Berarti Bagi
http://hujanpuisi.blogspot.com